Sabtu, 09 Februari 2013

Definisi Istilah Motherboard: Form Factor, Port

Form Factor adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ukuran dan format sebuah motherboard berikut casingnya termasuk di antaranya: ukuran panjang dan lebar, jenis power supply, lokasi lubang baut untuk mounting, jumlah port yang disediakan pada panel belakang, dan sebagainya. Istilah form factor juga menunjuk kepada bentuk atau paket yang diasosiasikan dengan perangkat atau mekanisme interface-nya. Secara spesifik, industri komputer PC membuat standar form factor untuk meyakinkan bahwa bagian-bagian yang dipergunakan dapat dipertukarkan antara vendor yang berbeda dan pada generasi teknologi yang berbeda pula. Dalam bentuk lain, komputasi kelas enterprise juga menggunakan form factor untuk meyakinkan bahwa modul-modul server dapat ditempatkan secara tepat ke dalam system rackmount yang telah ada.

■ Port

Port dalam sebuah komputer, adalah interface yang dilalui dalam pertukaran data. Contoh: Port USB yang diwakili oleh COM1, COM2, dan seterusnya. Port serial untuk mouse dan modem, port parallel untuk printer. Masing-masing port ditandai dengan nomor khusus yang dikenal oleh processor sebagai IRQ.

■ I/O Port

I/O Port atau Input/Output Port, adalah jalur yang digunakan oleh CPU untuk berkomunikasi dengan peripheral eksternal seperti keyboard, mouse, monitor, printer, dan lain-lain.

1 komentar: